LPPM dan BEM STIKes Respati Lakukan Pengabdian Masyarakat di SDN Margamulya

Mahasiswa STIKes Respati sedang melakukan penyuluhan Sekolah Sehat kepada siswa SDN Margamulya.

Rekamrest News - Singaparna (16/11), dalam rangka melaksanakan bulir ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat, LPPM dan BEM STIKes Respati dari Kementerian Pengabdian Masyarakat menggelar kegiatan penyuluhan Sekolah Sehat di SDN Margamulya, Singaparna.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini sekaligus menjadi praktek mata kuliah PPM dan Promosi Kesehatan yang dilaksanakan mahasiswa prodi kesehatan masyarakat angkatan 2016. Sasaran dari kegiatan Sekolah Sehat adalah seluruh warga sekolah yang mencangkup 10 guru SD, 250 siswa SD, dan pedagang yang berada di sekitar sekolah.

Ketua LPPM STIKes Respati berfoto bersama para guru SDN Margamulya dalam penyuluhan Sekolah Sehat.

Ketua LPPM STIKes Respati, Sinta Fitriani, mengatakan persiapan sendiri telah disiapkan oleh mahasiswa dan BEM STIKes Respati seperti sarana dan prasarana, media promosi kesehatan, dan perizinan. “Kebutuhan-kebutuhan pada saat pelaksanaan sudah disiapkan tinggal mungkin pergerakan”, katanya.

Sinta menambahkan, tujuan kegiatan Sekolah Sehat diantaranya mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, melakukan penggalian potensi di masyarakat yang mungkin bisa dikembangkan, dan melaksanakan kegiatan penyuluhan yang paling mendasari dari permasalahan yang digali sebelumnya.

Tampak beberapa siswa SDN Margamulya sedang asyik memainkan permainan ular tangga PHBS yang merupakan karya Dosen STIKes Respati, Sinta Fitriani, S.KM, M.KM.

“Nanti mungkin selanjutnya kita jadikan agenda rutin selama 1 semester yang akan mewujudkan pembinaan Sekolah Sehat. Insya Allah dalam satu semester kita akan lakukan ini”, ucapnya.

Sinta berharap, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmunya dalam pengabdian masyarakat dan sebagai wujud kepedulian institusi terhadap permasalahan kesehatan disekitar.

Di sela kegiatan, salah satu crew Persma Rekamrest yang bertugas meliput di lokasi, menyempatkan bersapa ria dan berfoto bersama siswa SDN Margamulya.

“Dan yang paling penting adalah mahasiswa diberikan kemampuan lebih, baik itu dari segi komunikasi dengan masyarakat, interpersonal, dan komunikasi massa, sehingga keberadaan STIKes Respati betul-betul memberikan dampak bagi masyarakat sekitar.” harapnya.

(Persma Rekamrest)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa