PKKMB 2018, Presiden BEM : “PKKMB Tahun ini Sangat Menarik”

Seluruh peserta PKKMB 2018 foto bersama usai melaksanakan kegiatan PKKMB di hari terakhir (doc. PKKMB) 

Rekamrest News - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKes Respati kembali menggelar kegiatan agenda tahunan di setiap awal semester atau setiap memasuki semester ganjil, yaitu kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di tahun 2018. Kegiatan PKKMB ini diselenggarakan dari tanggal 6-8 agustus 2018. PKKMB tahun ini mengambil tema “Membentuk Mahasiswa yang Religius, Aktif, dan Kreatif Dengan Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Untuk Menuju Generasi Indonesia Hebat”.

Sebanyak 53 mahasiswa baru mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2018, dengan 27 mahasiswa prodi kesehatan masyarakat dan 21 mahasiswa prodi kebidanan, ditambah 2 mahasiswa dari tingkat 2. Adapun alasan kedua mahasiswa tingkat 2 yang menjadi peserta dalam penyelenggaraan PKKMB dikarenakan tidak mengikuti kegiatan PKKMB ditahun sebelumnya. Adapun 1 mahasiswa baru yang tidak mengikuti PKKMB ini dikarenakan sakit.

Sebelum memasuki Graha Bakti Respati, peserta PKKMB 2018 dibariskan di lapangan oleh panitia. (doc. PKKMB). 

Ii Abdul Hamid, selaku Ketua Pelaksana PKKMB Tahun 2018 menjelaskan, persiapan panitia dalam penyelenggaraan PKKMB tahun ini relatif singkat dalam hal waktu jika dibandingkan dengan PKKMB tahun sebelumnya dimana persiapan lebih lama yaitu sebulan sebelum pelaksanaan PKKMB. Hal ini disebabkan pada akhir bulan Agustus yang lalu, Presiden BEM dan Wakil Presiden BEM baru selesai dilantik dan perekrutan anggota BEM baru dengan segera agar dapat mempersiapkan kegiatan PKKMB Tahun 2018 di bulan September. Perbedaan lainnya PKKMB tahun 2018 dilaksanakan selama tiga hari sedangkan PKKMB tahun sebelumnya dilaksanakan hanya dua hari. “Untuk sekarang mengikuti pedoman yang ada dan lebih meriah yang sekarang. Dari sekarang, Akademik meminta 3 hari PKKMB 2018”, ucap Ii.

“Kendala panitia PKKMB, pertama persiapannya cukup singkat, karena perekrutan anggota BEM juga baru ada semingguan. Kedua, kendala di dana proposal cair sehari sebelum pelaksanaan PKKMB (red; Presma BEM). Panitia PKKMB tahun ini sebanyak 34 orang dari BEM dan MPM. Tapi alhamdulillah acaranya lancar dengan persiapan yang singkat dan mendadak ini”, katanya.

Kegiatan PKKMB sendiri dipusatkan di Graha Bakti Respati dengan agenda acara di hari pertama dan kedua dipadati dengan materi dan hari ketiga dimeriahkan dengan pentas seni (Pensi) dan game yang diakhiri dengan penutupan PKKMB. Pemateri sendiri ada yang mengundang pemateri dari dalam maupun luar kampus.

Ketua STIKes Respati, Dadan Yogaswara, S.KM, M.KM, menyematkan tanda peserta PKKMB 2018 ke mahasiswa baru. (doc. PKKMB) 

Pemateri yang dari luar ialah Drs. Nana Setialaksana, M.Pd, mengisi materi Bela Negara dan dari Kepolisian mengisi materi Radikalisme dan Narkoba. Sedangkan pemateri yang berasal dari dalam kampus sendiri ialah Ketua STIKes Respati, Dadan Yogaswara, S.KM, M.KM, Waket 1 STIKes Respati, Hariyani Sulistyoningsih, S.KM, M.KM, Kaprodi Kesmas, Teni Supriyani, S.Si, M.KM, Kaprodi Kebidanan, Fenty Agustini, SST, M.Kes, Kabag Keuangan, Kabag Akademik, dan Kabag Kemahasiswaan serta pengenalan dari masing-masing UKM.

Perihal waktu, panitia maupun peserta PKKMB harus tiba di kampus pukul 07:00 wib untuk memulai kegiatan. Mengantisipasi dari jajaran panitia telat hadir, ada beberapa panitia yang sengaja bermalam di Graha Bakti Respati, yaitu Agung dan Iqbal, sedangkan panitia perempuan, Bella dan Mitha menginap di kosan terdekat kampus yaitu kosan amalia dan nisa. “Panitia harus hadir lebih awal sebelum peserta tiba di kampus. Untuk sekarang mahasiswi kesmas diperbolehkan tinggal di asrama bidan, karena mahasiswi bidan yang sekarang sedikit”, ucap Ketua Pelaksana PKKMB.

“Harapannya setelah acara ini beres, para panitia bisa lebih kompak lagi, bisa melihat kondisi, untuk kedepannya acaranya lebih lancar, persiapan lebih lama sebulan atau 2 bulan. Terus untuk pembuatan proposal lebih lama lagi, gak dadakan seperi barusan. Semuanya dadakan”, ucap Ketua Pelaksana PKKMB 2018.

Sesi pengenalan UKM setelah menunaikan ibadah Jum'at (7/9), giliran dari Pers Mahasiswa Rekamrest memberikan materi oleh Pemimpin Redaksi, Ahmad Yudi. (doc. PKKMB). 

Presiden BEM STIKes Respati, Robi Sundara memberikan tanggapannya terkait pelaksanaan PKKMB Tahun 2018. “Untuk PKKMB tahun ini sangatlah menarik. Belum lama dilantik, terburu-buru dan sangat dipaksakan bagian akademik dan kampus untuk menyelenggarakan ini (red) dikarenakan persiapan kami yang kurang lebih dari 2 minggu. Kalau di tahun sebelumnya, PKKMB batas minimal persiapan 1 sampai 2 bulan”, ucapnya.

Robi menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi atas suksesnya PKKMB Tahun 2018 dengan kerjasama dan ketekunan rekan panitia meskipun waktu yang singkat dalam mempersiapkan PKKMB tahun ini. “Mungkin untuk organisasi bisa dipererat lagi silaturahminya, terutama untuk mempersatukan mereka sesuai minat dan bakat (red). Bakal ada aturan mengenai organisasi agar tidak cerai berai lagi. Harapannya mahasiswa baru turut (red) aktif di organisasi”, tutupnya.

Pentas Seni (Pensi) dari peserta PKKMB 2018 di hari ketiga pelaksanaan PKKMB, Sabtu (8/9) di Graha Bakti Respati. (doc. PKKMB) 

Wakil Ketua 1 STIKes Respati, Hariyani Sulistyoningsih, S.KM, M.KM, juga memberikan apresiasi dan tanggapannya terkait perhelatan PKKMB ini. “Alhamdulillah penyelengaraan PKKMB terbilang sukses, sesuai dengan rencana, salut untuk seluruh panitia. Dengan persiapan terbatas bisa sukses mengelar kegiatan”, ungkapnya.

Sejalan dengan latar belakang diselenggarakannya PKKMB bagi mahasiswa baru, Waket 1 STIKes Respati mengutarakan pandangannya terkait tujuan maupun fungsi dari PKKMB sendiri. “Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, sehingga setelah menjadi mahasiswa bisa menjalankan peran dengan baik dan bertanggung jawab”, kata Waket 1 STIKes Respati.

Hariyani pun berharap, usai PKKMB ini mahasiswa baru dapat mengenal jati dirinya sebagai seorang mahasiswa yang mampu menjalankan perannya sebagai mahasiswa. Melaksanakan hak dan kewajibannya dengan seimbang, selanjutnya menjalani proses secara maksimal dan melakukan yang terbaik.

Foto bersama panitia usai berakhirnya kegiatan PKKMB Tahun 2018. (doc. PKKMB) 

Salah satu mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB, Nurazijah, mengatakan banyak pelajaran dan manfaat yang dapat dipetik dari PKKMB ini. “Alhamdulillah luar biasa bangga, karena dengan mengikuti kegiatan PKKMB ini jadi tahu keadaan kampus, pembelajaran kampus dan bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang membuat saya termotivasi untuk melangkah kedepan. Ternyata di kampus Respati itu banyak kebanggan yang saya tidak tahu. Dan manfaat dari kegiatan PKKMB ini sangat banyak, terlatihnya kedisiplinan, percaya diri, kekompakan, kemandirian dan masih banyak lagi. Maba dan panitianya gampang akrab. Luar biasa kita bertemu di kegiatan cuma 3 hari. Tali persaudaraanya langsung kuat dan memberikan kesan dan pengalaman yang luar biasa”, tutupnya.

(Persma Rekamrest)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa