3 Agenda Kampus di Bulan Agustus Meriahkan Masa Liburan Semester

Sedang berlangsung Musyawarah Besar (Mubes) MPM dan BEM STIKes Respati periode 2017-2018 di sesi Laporan Pertanggung Jawaban sekaligus sosialisasi Pemilu Raya (Pemira) Online yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), kamis (23/8).

Rekamrest News - Dua hari setelah pelaksanaan upacara menyambut hari kemerdekaan Indonesia, hari selasa kemarin (21/8) telah dimulai kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang diikuti seluruh karyawan STIKes Respati yang bertempat dilapangan STIKes Respati Tasikmalaya.

Sinta Fitriani, S.KM, M.KM, selaku Ketua Pelaksana lomba mengatakan, perlombaan tahun ini berbeda dengan perlombaan di tahun sebelumnya karena hanya diikuti karyawan. Sinta melanjutkan, kegiatan yang ia gelar hasil inisiatifnya sendiri ini sebagai salah satu agenda refreshing para karyawan, namun jika memungkinan terdapat m  ahasiswa yang tidak mudik selama liburan semester, dirinya berharap mahasiswa tersebut dapat berpartisipasi dalam perlombaan seperti halnya perlombaan 17 agustus di tahun sebelumnya. “Inisiatif saja, apalagi sekarang semester jeda ke semester ganjil, jadi masih ada waktu. Kita manfaatin buat acara bersama“, paparnya.

Tampak Dosen dan Karyawan STIKes Respati begitu antusias mengikuti perlombaan di lapangan STIKes Respati, kamis (23/8)

Perlombaan menyambut hari kemerdekaan RI untuk tahun ini diwarnai dengan permainan tradisional khas sunda, ada 3 jenis lomba, yaitu Diharudung Bari Tetejeh Manjah, Gegebug Bari Ngucrak, dan Jos Beledag. Makna dari ketiga lomba ini adalah kerjasama tim, seperti peribahasa sunda "ka cai jadi saleuwi, ka darat jadi salogak”.

Selain kegiatan lomba, pada hari kamis (23/8) akan melaksanakan penyembelihan qurban yang berlokasi di penjagalan yang berada di Pancasila. Penyembelihan hewan qurban berlangsung di pagi hari dan pukul 10:00 wib akan kembali dilanjutkan perlombaan di lapangan STIKes Respati. Kegiatan lomba berlangsung selama dua hari, yaitu hari selasa dan kamis (21&23 Agustus 2018).

Penjagalan qurban dilaksanakan di sekitar pancasila, kamis (23/8)

Tampak beberapa staf kampus berfoto bersama setelah menggiring jalannya prosesi penyembelihan qurban.

Sinta berharap, melalui perlombaan ini selain dibutuhkan kerja keras dan kerjasama tim, para peserta dapat mengartikannya sebagai sebuah perjuangan sebagaimana perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. “Dalam mencapai tujuan atau visi misi, setiap peserta harus meredam rasa individualisme. Semua harus terlibat demi tercapainya tujuan bersama”, tutupnya.

Para pemenang lomba sedang menerima hadiah dari Ketua STIKes Respati.

Di waktu yang bersamaan, kamis (23/8) MPM dan BEM STIKes Respati menggelar acara Musyawarah Besar (Mubes) di ruang rapat yang di mulai sekitar pukul 08:00 wib yang dihadiri Ketua STIKes Respati, Wakil Ketua 1 STIKes Respati, Kabag Akademik STIKes Respati, Kabag Kemahasiswaan STIKes Respati, pengurus BEM, pengurus MPM, panitia KPU, perwakilan mahasiswa dari prodi kesehatan masyarakat dan kebidanan di sesi Laporan Pertanggung Jawaban BEM periode 2017-2018. 3 kegiatan yang diadakan serempak oleh panitia KPU (Komisi Pemilihan Umum) yaitu Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), Pemilu Raya Online, Serah Terima Jabatan & Pelantikan Pengurus baru MPM dan BEM STIKes Respati Tasikmalaya.

Pada hari kamis ini kegiatan Mubes dijadwalkan hanya Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus MPM dan BEM yang akan berakhir masa jabatannya bulan ini sekaligus sosialisasi Pemilu Raya (Pemira) online. Dua kegiatan lainnya seperti Pemilihan Umum (Pemilu), serah terima jabatan (Sertijab), dan pelantikan Pengurus MPM dan BEM yang baru akan dilaksanakan beberapa hari kedepan.

Suasana rapat Musyawara Besar (Mubes) MPM dan BEM yang dihadiri petinggi kampus dan perwakilan mahasiswa dari prodi kesehatan masyarakat dan kebidanan, kamis (23/8)

Anggi, selaku Ketua KPU mengatakan, sebanyak 2 calon Pemimpin Umum MPM dan 4 bakal calon Presiden BEM yang lolos verifikasi berkas di KPU dan siap dipilih oleh mahasiswa STIKes Respati  di Pemira (Pemilu Raya) online pada tanggal 24 Agustus 2018, mulai pukul 13:00 - 24:00 wib dengan menggunakan google doc. Sebelum pembukaan Pemilu Raya, besok panitia KPU akan melakukan input data paslon di google doc pukul 08:00 wib. Panitia KPU mempersilahkan para paslon Pimum MPM dan Presma BEM untuk melakukan kampanye online mulai pukul 16:35-11:00 wib besok, karena pukul 13:00 wib akan dilaksanakan Pemilu Raya Online.

“Lidesi suara, 50% suara dapat disahkan bahwa Presma BEM dan Pimum MPM itu sah dan terpilih. Jadi persentasi suara 50% suara valid dan sah”, paparnya.

Pada hari minggu, 26 Agustus 2018, Panitia KPU kembali rapat untuk menghitung suara dan memutuskan calon yang terpilih sebagai Pimpinan Umum MPM dan Presiden Mahasiswa BEM. Selanjutnya pada tanggal 28 Agustus 2018,  yakni acara puncak ialah serah terima jabatan (Sertijab) dan pelantikan Pemimpin Umum MPM dan Presiden Mahasiswa BEM yang baru periode 2018-2019.

“Pelantikan hanya simbolis saja. Yang dilantik hanya Kabem dan Pimum MPM yang nantinya akan di SK kan oleh Pemimpin STIKes Respati. Setelahnya akan dilaksanakan perekrutan anggota baru MPM dan BEM”, tambahnya.

Sesi foto bersama setelah usai Musyawarah Besar (Mubes) pengurus MPM dan BEM periode 2017-2018, kamis (23/8)

Wakil Ketua 1 STIKes Respati, Hariyani Sulistyoningsih, S.KM, M.KM sangat mengapresiasi kinerja pengurus BEM periode 2017-2018. Dirinya salut dan berterima kasih kepada pengurus BEM yang telah selesai menjalankan amanah ditengah kesibukan menjalankan aktifitas perkuliahan.

“Namun tentu saja masih ada yang perlu ditingkatkan, diantaranya adalah koordinasi, komunikasi, dan semangat juang. Salah satu keberhasilan pengurus periode ini adalah sukses mengelar acara Mubes dan rangkaiannya dengan khidmat dan lancar, yang tentunya dengan persiapan yang singkat. Ini menunjukkan bahwa dengan kerjasama dan semangat juang yang tinggi mampu menggelar sebuah kegiatan”, ucapnya.

Hariyani berharap untuk pengurus MPM dan BEM periode selanjutnya lebih kreatif dan inovatif dalam merancang program, memiliki semangat juang tinggi untuk memperjuangkan idealisme dan tujuan organisasi, dan Pengurus BEM dapat menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa lain, dalam hal presentasi akademik maupun sikap.

“Dan BEM dapat secara maksimal menjalankan fungsi aspiratif, advokasi, katalisator dan inisiator bagi mahasiswa”, tutupnya.

(Persma Rekamrest).




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa