Sambut Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, STIKes Respati Bersama BPBD Kab. Tasikmalaya Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

STIKes Respati besama BPBD Kab. Tasikmalaya menggelar simulasi bencana dalam rangka menyambut hari kesiapsiagaan bencana nasional yang berlokasi di lapangan STIKes Respati, Kamis (26/4).

Rekamrest News - Tasikmalaya (26/4), STIKes Respati bekerjasama dengan BPBD Kab. Tasikmalaya menggelar simulasi penanggulangan bencana dalam rangka menyambut hari kesiapsiagaan bencana nasional (HKBN) yang dilaksanakan di lapangan STIKes Respati Tasikmalaya yang dimulai pukul 09.00 wib dan berakhir pada pukul 12.00 wib yang ditutup dengan upacara penutupan.

Simulasi penanggulangan bencana ini melibatkan seluruh elemen kampus, yaitu seluruh mahasiswa, karyawan, dan dosen STIKes Respati dan dari tim BPBD Kab. Tasikmalaya. Sebelum penyelenggaran simulasi pada hari ini, dua hari sebelum hari-H (26 April 2018), akademisi bersama BPBD Kab. Tasikmalaya melakukan latihan gabungan dalam bentuk kelompok penanggulangan bencana. Kelompok tersebut dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu SAR/evakuasi, tim kesehatan, dapur umum, resque (timsar), dan korban.

Dadan Yogaswara, SKM, MKM, selaku Ketua STIKes Respati menuturkan, simulasi ini selain dalam rangka untuk menyambut hari kesiapsiagaan bencana, sekaligus menjadi antisipasi terhadap kemungkinan bencana yang dapat terjadi di STIKes Respati. “Karena hal itu, kita berinisiatif bekerjasama dengan BPBD untuk bagaimana melakukan upaya pencegahan ketika ada terjadi bencana. Jadi kita sudah prepare, sudah siap semuanya”, kata Dadan.

Suasana simulasi penanggulangan bencana di lapangan STIKes Respati 

Dadan menambahkan, dari institusi juga sudah membentuk tim tanggap bencana dan diberi nama Panitia Pelaksana Penanggulangan  Bencana STIKes Respati (P3BSR). “Insya Allah panitia penanggulangan bencana ini akan kami pelihara dan kapasitasi supaya mereka mampu untuk melakukan penanggulangan bencana”, tambahnya.

“Saya berharap tidak berhenti sampai disini, tapi ini merupakan bagian dari kerja kami, bagian dari upaya kami bagaimana untuk melakukan proses penanggulangan bencana”, harap Ketua STIKes Respati.

Ketua STIkes Respati, Dadan Yogaswara, SKM, MKM (kanan) didampingi kepala pelaksana BPBD Kab. Tasikmalaya, Alfian (kiri) saat melakukan konferensi pers mengenai simulasi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Alfian mengatakan, setiap daerah di seluruh Indonesia memperingati hari kesiapsiagaan bencana nasional (HKBN), salah satunya di Kabupaten Tasikmalaya. “Kebetulan kami bekerjasama dengan STIKes Respati untuk menggelar simulasi penanggulangan bencana dan STIKes Respati menjadi lokasi penyelenggaraan simulasi dalam rangka menyambut hari kesiapsiagaan bencana nasional”, kata Alfian.

Alfian berharap, semoga simulasi ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh mahasiswa dan dosen serta staf kampus tentang penanggulangan bencana sekaligus mampu mengaplikasikannya dalam menolong korban bencana dalam berbagai bentuk.

Suasana dalam posko, korban bencana sedang ditangani tim kesehatan selama simulasi penanggulangan bencana berlangsung. 

Sarah, salah satu mahasiwi STIKes Respati mengatakan kegiatan simulasi ini sangat bermanfaat  karena  salah satu mata kuliahnya ada yang membahas tentang kebencanaan dan simulasi ini secara tidak langsung menjadi praktek penanggulangan bencana sesuai dengan silabus mata kuliahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak BPBD Kabupaten Tasikmalaya yang telah bekerjasama dengan STIKes Respati Tasikmalaya yang pada hari ini telah melaksanakan simulasi bencana dalam rangka menyambut HKBN 2018. Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih karena telah dilibatkan dalam simulasi ini. Pokoknya saya ucapkan terima kasih”, ucapnya.

(Persma Rekamrest)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa