Pilmapres kembali menyapa, STIKes Respati Mengirim Satu Mahasiswa Terbaiknya di Pilmapres Tingkat Rayon IV Kopertis Wilayah IV di Universitas Perjuangan

Para peserta dan panitia acara berfoto bersama di acara seleksi Pilmapres tingkat Rayon IV Kopertis wilayah IV yang diselenggarakan di Universitas Perjuangan, Tasikmalaya (4/4).

Rekamrest News - Tasikmalaya (4/4), Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemeristekdikti kembali melaksanakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2018 yang terdiri atas 2 (dua) Kategori yaitu Program Sarjana dan Program Diploma. Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) yang dilaksanakan setiap setahun sekali kembali diselenggarakan Oleh KOPERTIS (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta) tahun ini. Masing-masing perguruan tinggi memilih satu mahasiswa terbaik hasil seleksi tingkat perguruan tinggi untuk diusulkan mengikuti seleksi tingkat Kopertis untuk program sarjana, sedangkan program diploma diusulkan langsung dari perguruan tinggi ke seleksi tingkat nasional. Wilayah Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandara) masuk ke dalam Rayon IV di Kopertis wilayah IV.

Di tahun 2018, Universitas Perjuangan Tasikmalaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan seleksi Pilmapres tingkat Rayon IV Kopertis wilayah IV. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari, tepatnya hari Rabu, 4 April 2018. Sebanyak 10 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-priangan timur mengikuti seleksi Pilmapres tingkat Rayon IV Kopertis wilayah IV, yaitu dari IPI Garut, STIA YPPT Tasikmalaya, STIKes Respati Tasikmalaya, UMTAS Tasikmalaya, UNPER Tasikmalaya, STHG Tasikmalaya, STIKes BTH Tasikmalaya, Unigal Ciamis, STMIK Tasikmalaya. STIKes Respati Tasikmalaya sendiri mengirimkan 1 mahasiswa terbaiknya untuk diikutsertakan dalam seleksi Pilmapres di tingkat Rayon IV Kopertis wilayah IV, yaitu Millaty Hanifa, Mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat semester 6, yang kini menjabat sebagai Presiden Mahasiswa STIKes Respati.

Millaty sebagai perwakilan STIKes Respati di Pilmapres Rayon IV Kopertis wilayah IV didampingi Kaprodi Kesehatan Masyarakat, Teni Supriyani, S.Si, M.Kes berfoto bersama mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat semester 1 STIKes Respati Tasikmalaya

Millaty mengakui dirinya sangat terharu dan bangga setelah terpilih sebagai mahasiswa berprestasi di STIKes Respati dan melanjutkan di seleksi Pilmapres di tingkat Rayon IV Kopertis IV mewakili STIKes Respati. “Kesannya itu terharu berat. Bisa membanggakan dan juga membuktikan kepada orang tua bahwa saya mampu. Saya selain aktif di organisasi, tapi saya juga mampu menjadi mahasiswa berprestasi, walaupun memang berat harus membawa nama kampus”, kata Millaty saat diwawancarai oleh Pimred Persma Rekamrest di Unper (4/4). Dengan ditemani Kaprodi Kesehatan Masyarakat, Teni Supriyani, S.Si, M.Kes, Millaty berkompetisi dengan 9 mahasiswa dari berbagai PTS se-priangan timur di seleksi Pilmapres tingkat Rayon IV Kopertis wilayah IV.

Presiden Mahasiswa STIKes Respati, Millaty Hanifa, salah satu peserta Pilmapres yang mewakili STIKes Respati Tasikmalaya 

Perempuan kelahiran Januari 1997 yang akrab di sapa Mily ini mengatakan banyak hal yang dipersiapkan untuk mengikuti Pilmapres ini. “Banyak persiapan yang dilakukan sesuai dengan syarat seleksi Pilmapres, diantaranya KTI, ringkasan bahasa inggris, pengalaman berorganisasi, prestasi yang diunggulkan, itulah yang saya persiapkan. Dan yang paling utama dipersiapkan adalah niat, hati, dan pikiran”, ucap Millaty. Millaty berharap nama kampus yang ia wakili di Pilmapres dapat terangkat. “Walaupun lolos atau gagal adalah hasil akhir, namun niat dan usaha yang besar adalah yang utama. Besar harapan untuk menang. La haula wala kuwata illa billah”, harap Millaty.

Rektor Universitas Perjuangan, Prof. Dr. H. Yus Darusman, Drs., M.Si, sebagai Ketua Pelaksana acara Pilmapres Rayon IV Kopertis wilayah IV

Rektor Universitas Perjuangan, Prof. Dr. H. Yus Darusman, Drs., M.Si, sekaligus Ketua Pelaksana seleksi Pilmapres tingkat Rayon IV Kopertis wilayah IV mengatakan bahwa panitia penyelenggara Pilmapres ini oleh dosen Universitas Perjuangan. “Untuk juri seleksi Pilmapres sendiri didatangkan dari Rayon III oleh Kopertis”, katanya. Pilmapres ini bertema Goal Sustainable Development. “Harus disadari oleh semua bahwa Indonesia harus bergabung dalam sistem kehidupan global. Mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa, ia harus mempunyai sikap kompetitif dengan bangsa lain”, tambahnya. Yus berharap setelah Pilmapres ini selesai, semua mahasiswa dapat termotivasi dan tumbuh budaya prestasi.

Tak lupa Millaty berpesan kepada teman dan adik tingkat STIKes Respati, “Jangan pernah menyerah, lakukan yang terbaik. Ikuti apa kata hati. dan juga khususkan selalu menempatkan seratus persen disetiap apapun yang dilakukan”, tutupnya.

(Persma Rekamrest)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa