Menjawab Keresahan Siswa Jelang UN, STIKes Respati Gelar Seminar Sukses Ujian Nasional

Sesi bedah kampus dalam seminar sebelum manuju sesi kedua yaitu materi dan diskusi

Rekamest News - Tasikmalaya (11/3), sebanyak 107 siswa dari berbagai SMA/SMK Se-Kota/Kabupaten Tasikmalaya menghadiri "Seminar Sukses Ujian Nasional Bersama STIKes Respati" yang digelar STIKes Respati sebagai wujud kepedulian kampus terhadap lingkungan sekitar khususnya Tasikmalaya sebagai satu-satunya STIKes yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Seminar ini berlokasi di gedung Graha Bakti Respati dilaksanakan pada minggu, 11 Maret 2018. Seminar ini dimoderatori oleh Lelis Masridah, S.IP, Kepala Perpustakaaan STIKes Respati Tasikmalaya. Acara berlangsung dari pukul 09:00 wib sampai 13:00 wib.

Pemateri dalam seminar ada dua pembicara, yaitu Drs.H. Wawan SN, M,M.Pd dari kepala cabang Ganesha Operation (GO) wilayah priangan timur dan Neni Solihat, M.Psi dari Psikologi. Seminar ini mengangkat tema "Kelola Stress Saat Menghadapi Ujian Nasional" dengan diskusi materi cara mudah menyelesaikan soal ujian nasional. Sebelum menuju ke seminar, diawali dengan bedah kampus berupa promosi kampus STIKes Respati Tasikmalaya yang disajikan oleh Hariyani Sulistyoningsih, S.KM, M.KM selaku Puket 1 STIKes Respati Tasikmalaya.

Acara seminar dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Waranda, mahasiswa program studi S-1 kesehatan Masyarakat dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh panitia dan peserta seminar yang dikonduktori oleh Uniq Mulyanasari, mahasiswa program studi S-1 kesehatan Masyarakat. Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua STIKes Respati Tasikmalaya, Dadan Yogaswara, S.KM, M.KM. Dalam sambutannya, Dadan menuturkan, "Sukses bermakna dua kata, selesai dan sesuai", ucapnya saat memberikan kata sambutan seminar.

Ketua STIKes Respati, Dadan Yogaswara, S.KM, M.KM memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi Seminar Sukses Ujian Nasional Bersama STIKes Respati.

Pemateri pertama oleh Drs.H. Wawan SN, M.M.Pd menjelaskan tentang trik dan cara cepat menyelesaikan soal ujian. Pemateri kedua oleh Neni Solihat, M.Psi memaparkan tentang cara memanajemen waktu dan belajar yang efektif untuk meminimalisir stress yang timbul jelang dan saat Ujian Nasional tiba. Selama seminar berlangsung, peserta seminar tampak antusias mengikuti jalannya acara mulai dari awal hingga penghunjung acara seminar. Tak lupa setelah selesai pemateri memberikan materinya, panitia acara memberikan penghargaan kepada pemateri seminar berupa cinderamata dan foto bersama sebelum lanjut ke sesi berikutnya.

Ketua Pelaksana Seminar, Sinta Fitriani, S.KM, M.KM, mengatakan diadakannya seminar ini salah satunya sebagai rangkaian promosi penerimaan mahasiswa baru tahun 2018-2019 STIKes Respati Tasikmalaya yang disampaikan dalam sesi bedah kampus di awal acara seminar. Sinta menambahkan bahwasanya kegiatan ini sebelumnya sudah pernah diselenggarakan, dan tahun ini dapat terselenggarakan kembali untuk memberikan motivasi kepada calon mahasiswa agar tidak stress saat menghadapi Ujian Nasional.

"Oleh karena STIKes Respati sebagai satu-satunya STIKes yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, kita ingin memberikan yang terbaik kepada daerah salah satunya dengan menyelenggarakan seminar gratis kepada siswa SMA/SMK dengan tajuk Seminar Sukses Ujian Nasional sebagai wujud kepedulian kami kepada lingkungan sekitar", kata Sinta.

Stand BEM dan UKM yang berada di sayap kanan di dalam Graha Bakti Respati, STIKes Respati Tasikmalaya

Ditengah-tengah acara, panitia dan peserta seminar melakukan briefing yaitu senam germas bersama sebelum dilanjut dengan materi terakhir oleh Psikolog Neni. Penampilan tari yang dibawakan oleh Uniq Mulyanasari dari UKM seni turut memeriahkan kegiatan seminar. Terdapat stand program studi S-1 Kesehatan Masyarakat dan D-III Kebidanan yang berlokasi didepan pintu masuk utama  Graha Bakti Respati untuk mempromosikan Prodinya masing-masing kepada peserta seminar setelah acara usai. Tampak juga beberapa stand BEM (Badan Eksekutif mahasiswa) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) berjajar di sayap kanan di dalam ruangan gedung Graha Bakti Respati.

"Banyak sekali calon mahasiswa yang memiliki bakat. Ketika masuk ke Institusi dan jikalau tidak jelas ada UKM atau tidak, bakatnya nanti tidak terasah kembali. Nah ini mungkin menjadi nilai jual bagi saya pribadi adalah aktivitas kegiatan mahasiswanya, dimana pengembangan bakat daripada calon tersebut tetap akan tersalurkan dengan adanya UKM tersebut", kata Sinta.

Akhir acara tampak beberapa siswa mengabadikan momennya sebelum beranjak pulang dengan berfoto di stand BEM dan UKM serta konsultasi kepada setiap prodi di standnya masing-masing

Sinta berharap setelah seminar ini selesai, semua siswa bisa lulus sesuai dengan target dan STIKes Respati dapat dikenal oleh seluruh masyarakat sebagai satu-satunya STIKes yang dimiliki oleh Kabupaten Tasikmalaya. Acara seminar ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Dede Mukhlis, S.KM. Salah satu peserta seminar, Lia Nurhasanah dari SMA Pesantren Cintawana mengatakan setelah mengikuti seminar ini dirinya kini lebih termotivasi dan siap untuk menghadapi Ujian Nasional. "Alhamdulillah saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan semoga bisa mengikuti apa yang dibicarakan oleh pemateri supaya lebih semangat lagi dan tidak stress serta semangat dalam menghadapi Ujian Nasional", ungkapnya.

(Persma rekamrest)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa