Seminar Dosen Mahasiswa : Rendahnya Partisipasi Pria Dalam Menggunakan Alat Kontrasepsi

Haryani Sulistyoningsih, S.KM, M.KM, memberikan kata sambutan di Seminar Dosen Mahasiswa yang  digelar di Graha Bakti Respati, STIKes Respati Tasikmalaya pada hari Jum'at, 17 November 2017. (Sumber Foto : Wine)

REKAMREST News - Tasikmalaya, 17 November 2017, LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dan Kemahasiswaan STIKes Respati Tasikmalaya menggelar Seminar Dosen Mahasiswa di Graha Bakti Respati, STIKes Respati Tasikmalaya setelah kegiatan senam pagi.

Seminar  Dosen Mahasiswa ini bertopik "Rendahnya Partisipasi Pria Dalam Menggunakan Alat Kontrasepsi". Pemateri Seminar Dosen Mahasiswa dimentori oleh Happi Apriasih, SST, M.Kes, dan Santi Susanti, S.SiT, M.Kes, selaku dosen prodi Kebidanan. Kegiatan ini berlangsung dari jam 09:00 wib hingga jam 11:00 wib. Acara seminar ini diikuti seluruh mahasiswa dari prodi Kesehatan Masyarakat dan prodi Kebidanan.


Seluruh mahasiswa STIkes Respati Tasikmalaya sedang mengikuti kegiatan seminar di Graha Bakti Respati. (Sumber Foto : Ahmad)


Sinta Fitriani, S.KM, M.KM, Kepala LPPM STIKes Respati Tasikmalaya dan selaku Ketua Pelaksana Seminar ini menjelaskan latar belakang diadakannya Seminar Dosen Mahasiswa karena adanya kebutuhan mahasiswa akan updating keilmuan yang dihasilkan dari penelitian dosen.

"Karena kebutuhan mahasiswa akan updating  keilmuan yang mungkin tidak tercover diperkuliahan, sehingga hasil penelitian dosen ada wadah untuk mendeminasi hasilnya kepada mahasiswa", jelasnya.

"Tujuan diadakannya Seminar Dosen Mahasiswa ini adalah sebagai wadah untuk transformasi keilmuan, baik keilmuan terbaru ataupun isu terkini terkait dengan Kebidanan maupun Kesehatan Masyarakat. Transformasi hasil penelitian dosen selama mengampu beberapa mata kuliah tersebut", ujar Sinta kembali menjelaskan tujuan diadakan seminar ini.

Bukan hanya itu, Sinta juga berharap dengan digelarnya seminar ini dapat memotivasi mahasiswa untuk bisa berpartisipasi aktif terutama dalam kegiatan ilmiah.

Kegiatan Seminar Dosen Mahasiswa dimoderatori oleh Euis Siti Jenab dan notulensi oleh Herma Kiran, mahasiswa prodi Kebidanan semester 3.


Moderator Euis, Notulis Herma, dan Ketua Pelaksana kegiatan Seminar Dosen Mahasiswa, Sinta Fitriani, S.KM, M.KM, memimpin acara. (Sumber Foto : Tutika)

Kegiatan ini di mulai dengan pembukaan oleh Kepala LPPM STIKes Respati Tasikmalaya, Sinta Fitriani, S.KM, M.KM, Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Yulianti, mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat semester 1. Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur'an, dilanjut dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya oleh seluruh peserta seminar yang dipimpin oleh Iqbal Subekti, mahasiswa prodi kesehatan Masyarakat semester 1, dan kata sambutan acara seminar oleh Wakil Ketua 1 bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Haryani Sulistyoningsih, S.KM, M.KM.

Materi yang dibawakan pada Seminar Dosen Mahasiswa ini berjumlah dua materi. Materi pertama Seminar Dosen Mahasiswa yaitu tentang berbagai macam alat kontrasepsi yang bisa digunakan pria oleh Happi Apriasih, SST, M.Kes.


Happi Apriasih, SST, M.Kes, sedang memberikan materi
di acara Seminar Dosen Mahasiswa di Graha Bakti Respati. (Sumber Foto : Wellin)

Dilanjutkan ke materi kedua yaitu tentang faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi pria dalam kontrasepsi oleh Santi Susanti, S.SiT, M.Kes.

Santi Susanti, S.SiT, M.Kes, sedang memberikan materi
di acara Seminar Dosen Mahasiswa di Graha Bakti Respati. (Sumber Foto : Wine)

"Rencananya seminar ini akan diadakan kembali setiap dua minggu sekali di hari jum'at setelah kegiatan senam", ujar Sinta.

Kegiatan seminar berlangsung dengan meriah dan tertib.
(Ahmad, Wine, Tutika&Wellin)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa