Memperingati Dies Natalis Ke-15, STIKes Respati Tasikmalaya Gelar Penyuluhan Dan Perlombaan

Kegiatan peringatan Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya ke-15, diselenggarakan di Graha Bakti Respati pada Senin pagi (27/11/17)

REKAMREST News - Peringatan Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya ke-15, seluruh staf STIKes Respati Tasikmalaya menggelar berbagai event untuk memperingati Dies Natalis kali ini. Berbagai event yang dilaksanakan dalam Dies Natalis yaitu penyuluhan dan perlombaan. Tema Dies Natalis ke-15 yaitu “Respati Beraksi, Masyarakat Sehat, Bangsa Indonesia Kuat”. Kegiatan berlangsung dari hari ini, Senin, 27 November 2017, hingga hari Rabu depan (27/11/17).

Kegiatan yang dilaksanakan hari senin ini, yaitu penyuluhan berupa pemeriksaan ibu hamil gratis bertemakan “Pregnant is Happy” yang diselenggarakan oleh Staf STIKes Respati Tasikmalaya dan dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari RSIA Respati, Puskesmas, Dosen STIKes Respati Tasikmalaya, dan mahasiswa kebidanan untuk cek tensi, tinggi badan, serta berat badan. Kegiatan pemeriksaan ibu hamil dilaksanakan di laboratorium kebidanan dan penyuluhan serta lomba ibu hamil diselenggarakan di Graha Bakti Respati.

Kegiatan cek kesehatan oleh mahasiswa Kebidanan

Selain kegiatan pemeriksaan ibu hamil gratis, ada juga event lainnya hingga hari rabu depan, seperti pemeriksaan kesehatan bayi dan balita, pemeriksaan kesehatan lansia, lomba senam germas, lomba sekolah sehat, lomba kader posyandu, seminar, dan puncak acara yaitu gerak jalan sehat di hari Rabu (6 Desember 2017).

Lomba ibu hamil yang dilaksanakan di Graha Bakti Respati Tasikmalaya adalah lomba ibu hamil pertama yang dilakukan untuk ibu hamil atas rekomendasi dari Ketua IBI (Ikatan Bidan Indonesia). Metode yang digunakan dalam lomba ibu hamil adalah wawancara. Wawancara disini untuk mengetahui tepatnya usia kehamilan, status gizi, pola makan, paritas/jumlah anak, jarak kehamilan, pola konsumsi Fe, serta pengetahuan ibu hamil seputar kehamilan yang menjadi aspek penilaian.

Peserta pemeriksaan ibu hamil gratis ini diikuti 50 ibu hamil dari Kecamatan Singaparna, yang merupakan masyarakat binaan STIKes Respati Tasikmalaya.

Lomba ibu hamil dengan metode wawancara oleh petugas kesehatan

Sinta Fitriani, S.KM, M.KM, Ketua Pelaksana kegiatan Dies Natalis menjelaskan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan menyambut Dies Natalis untuk memperingati hari jadi STIKes Respati Tasikmalaya ke-15.

Sinta Fitriani, S.KM, M.KM, Ketua Pelaksana kegiatan Dies Natalis

“Sebenarnya hari jadi STIKes Respati Tasikmalaya di tanggal 8 Oktober. Karena di tanggal 8 Oktober kemarin ada acara pelantikan Ketua baru STIKes Respati Tasikmalaya, maka kegiatan Dies Natalisnya dilaksanakan sekarang tanggal 27 November hingga 6 Desember”, jelasnya.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini selain memperingati Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya ke-15, ini adalah wujud kepedulian dan partisipasi kami terhadap masyarakat binaan kami, terutama masyarakat yang berada di Kecamatan Singaparna. Dan kami adalah satu-satunya kampus kesehatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki kemampuan dari segi pengetahuan hingga praktek kesehatan dan ini adalah waktunya bagi kami untuk mengaplikasikan kepada masyarakat dalam bentuk pengabdian masyarakat”, ucap sinta menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan Dies Natalis.

Sinta juga mengatakan selain pemeriksaan kesehatan ibu hamil, ada juga pemeriksaan tambahan seperti cek gula darah, Hb, urin, kolestol dan protein. Dari pihak RSIA Respati juga ikut memeriahkan acara pemeriksaan ibu hamil ini dengan membagikan voucher USG gratis kepada ibu hamil yang menjadi peserta pemeriksaan ibu hamil gratis. Kegiatan pemeriksaan ibu hamil berlangsung dari jam 08.00 wib hingga jam 11.00 wib.

Voucher USG yang dibagikan oleh staf RSIA Respati secara gratis kepada peserta ibu hamil

Salah satu peserta acara kegiatan pemeriksaan ibu hamil gratis, Aam, mengaku senang dengan diadakannya kegiatan pemeriksaan ibu hamil gratis ini.
(REKAMREST)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa