Partograf Digital, Aplikasi Praktis Pemantau Persalinan Ala Dosen Prodi Kebidanan, STIKes Respati Tasikmalaya

Widia Maya Ningrum, SST, M.Kes., bersama rekan kerjanya, Gifari dan Arif dalam peluncuran karya hasil inovasinya, Partograf Digital.

Rekamrest News - Perkembangan teknologi yang cepat memantik zaman membuat siapapun harus sigap mengikuti perkembangan era digital. Banyak trobosan terbaru berupa alat canggih untuk mempermudah kinerja dengan cara cepat dan praktis.

Seperti ide kreatif salah satu Dosen Prodi Kebidanan dari STIKes Respati Tasikmalaya, Widia Maya Ningrum, SST, M.Kes, menciptakan sebuah aplikasi untuk membantu dalam memantau kemajuan persalinan, yaitu Partograf Digital. Dibantu dua rekan kerjanya, Gifari dan Arif yang berkompeten di bidang IT. Disaat yang bersamaan, Maya juga sedang menempuh S-2 jurusan terapan kebidanan di STIKes Dharma Husada Bandung.

Diawali dari keprihatinannya terhadap realita dilapangan, banyak tenaga medis persalinan, khususnya bidan yang menyepelekan akan manfaat partograf. Masalahnya, mereka mengisi patograf cenderung disaat selesai persalinan. Seharusnya, mengisi patograf disaat memantau persalinan.

Widia Maya Ningrum, SST, M.Kes., pencipta aplikasi Partograf Digital

“Belum lagi partograf tulis dianggap ribet oleh bidan. Menjawab permasalahan tersebut, akhirnya timbulah ide dan inisiatif Saya untuk menciptakan alat yang praktis yaitu Partograf Digital”, ujar Maya saat diwawancarai Pemimpin Redaksi Pers Mahasiswa Rekamrest di Seminar Nasional Kebidanan, Hotel Santika, Kota Tasikmalaya (10/2).

Selain dapat digunakan oleh Bidan, aplikasi ini, kata Maya juga dapat digunakan oleh semua tenaga medis yang membantu persalinan. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Ketika membuka aplikasi, pengguna pertama kali akan memasuki tutorial cara penggunaan patograf digital, setelahnya bisa langsung mencoba dengan memilih berbagai fitur didalamnya.

“Setelah mengisi semua data pasien yang akan ditindaklanjuti, partograf digital akan dengan sendirinya mengeluarkan notifikasi pertanda hasil kalkulasi selesai dengan cepat dan akurat”, paparnya.

Banner informasi tentang aplikasi Partograf Digital

Maya menambahkan, aplikasi partografi digital memiliki beberapa kelebihan yaitu, menyesuaikan dengan perkembangan zaman terlebih sekarang banyak aktivitas bersama gadget sehingga mudah dibawa kemana saja, lebih cepat pengisiannya, datanya lebih akurat, hingga terdapat notifikasi jika terdeksi ada kegawatdaruratan.

“Dana untuk menciptakan partograf digital sendiri, Saya menggunakan dana pribadi dan swadaya saja dibantu rekan kerja IT Saya. Untuk saat ini, aplikasi patograf digital belum kami luncurkan di playstore, insya allah launching segera bila administrasi selesai”, ucapnya.

Maya berharap, aplikasi ciptaannya ini dapat meringankan dan mempercepat kinerja bidan dalam mengisi partograf dan lebih memotivasi bidan untuk lebih patuh dalam mengisi partograf, serta membantu dalam mencegah kematian Ibu dan bayi.

(Persma Rekamrest)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriahnya Puncak Acara Dies Natalis STIKes Respati Tasikmalaya Ke-15 Dengan Gerak Jalan Sehat Yang Mengedukasi

Peringatan Hari Ibu Hingga Seminar Dosen Mahasiswa